Pada Laga final yang dilangsungkan di Suwon World Cup Stadium, Suwon, Korea Selatan, Minggu (11/6/2017), kemenangan Inggris ditentukan lewat gol Dominic Calvert-Lewin. Penyerang Everton itu mencetak gol semata wayang pada menit ke-35.

Gelar ini begitu berarti bagi Inggris. Untuk pertama kalinya sejak tim senior mereka menjuarai Piala Dunia 1966, negara tersebut kembali menjadi juara dunia.

Kesuksesan Inggris bertambah lengkap setelah penyerang mereka, Dominic Solanke, dinobatkan sebagai Pemain Terbaik. Solanke, yang baru saja pindah dari Chelsea ke Liverpool, mencetak empat gol di sepanjang turnamen.

Meskipun Calvert-Lewin menjadi pencetak gol penentu kemenangan, Inggris juga harus berterima kasih kepada penjaga gawang Freddie Woodman. Woodman menggagalkan kesempatan emas Venezuela untuk menyamakan skor ketika dia mementahkan penalti Adalberto Penaranda pada menit ke-74.

Venezuela sebenarnya berpeluang unggul lebih dulu pada menit ke-24. Akan tetapi, tendangan bebas Ronaldo Lucena cuma menghantam tiang gawang.

Gol Calvert-Lewin pada menit ke-35 tercipta setelah dia memenangi duel udara dengan bek Venuezuela. Penyerang berusia 20 tahun itu kemudian menembak, tapi dimentahkan oleh kiper Wuilker Farinez. Bola muntah mengarah ke Calvert-Lewin lagi dan dia tak menyia-nyiakan peluang pada percobaan kedua.

Inggris punya kans untuk menambah keunggulan setelah jeda. Akan tetapi, tembakan jarak jauh Josh Onomah mengenai mistar.

Susunan Pemain
Venezuela: Farinez, Velazquez, Ferraresi, J. Hernandez, Herrera, R. Hernandez, Lucena, Pena, Penaranda (Hurtado 90+3′), Chacon (Soteldo 51′), Cordova (Sosa 72′).

Inggris: Woodman, Kenny, Tomori, Clarke-Salter, Walker-Peters, Cook, Dowell (Ojo 62′), Onomah, Solanke, Lookman (Maitland-Niles 76′), Calvert-Lewin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here